Sabtu, 30 Januari 2010

(Tips) Agar Brownies Kukus Tidak Bergelombang dan Basah


Suatu hari brownies kukus yang saya buat tampilan nya seperti ini ... Wuahhhh, antara rasa kesal, mau marah plus penasaran karena sebelumnya tidak pernah seperti ini.

Karena penasaran dan tidak mau gagal lagi, langsung saya foto dan posting untuk bertanya ke milist tercinta. Dan ....... Semua yang menjawab bilang itu bersumber dari api yang kebesaran.

Ternyata untuk membuat agar brownies kukus terlihat cantik juga ada tips nya loch.
Berikut ini tips agar brownies kukus tidak bergelombang dan basah yang ada di web NCC
Mudah2an berguna ya...

Agar Brokus Tidak Bergelombang dan Tidak Basah
Foto: NCC

:: Penulis : Sahak Pribadi



Kiat - kiat agar tidak terjadi seperti itu, diantaranya :

  1. Ukuran harus sesuai dengan resep.
  2. Pada saat pengocokan jangan terlalu lama atau cukup sampai mengental.
  3. Memasukan bahan dilakukan secara bertahap.
  4. Pengadukan harus merata jika pakai spatula/sendok, jika dng mixer
    pergunakan dengan speed paling rendah, jika terjadi adoan yang terlalu mengental tambahkan dengan sedikit air.
  5. Ratakan pada saat menuangkan adanan keloyang bila perlu diketrok - ketrok
  6. Pada saat pengukusan air benar - benar mendidih.
  7. Tutup dengan serbet apabila menggunakan panci biasa.
  8. Api jangan terlalu besar jika airnya sudah mendidih.
  9. Lama pengukusan selama 15 s/d 20 menit.
  10. Jika memakai lapisan sebaiknya pergunakan mesis saja sebab mesis ituuntuk keringya lebih cepat.
  11. Sedangkan untuk ukuran loyang besar dan tinggi sebaiknya mengukusnya bertahap.

Sumber :

http://www.ncc- indonesia. com/detail. php?aid=58


9 komentar:

  1. Malam mba... Saya sudah beberapa kalai bikin brownis dan pasti hasilnya bergelombang dan ada gua nya d bagian paling atas... :( :(


    Cara saya bikin brownis seperti ini..

    *Tim coklat DCC,setelah coklat meleleh saya langsung campurkan dengan minyam dan saya aduk rata
    *memanaskan air kukusan
    *saya masukan telur gula tbm kedalam satu wadah dan mengocok dengan mixer speed paling tinggi secara langsung 8-10 menit sampai mengental dan berjejak
    *setelah itu saya masukkan terigu,coklat bubuk,susu putih bubuk, maizena sedikit dan baking powder(yang sudah d campur rata) kedalam adonan yang sdh mengental dan berjejak lalu d aduk dengan mixer speed paling rendah
    *setelah itu saya masukan campuran DCC dan minyak sayur kedalam adonan lalu d aduk dengan mixer speed paling rendah.
    *stelah itu saya bagi 3 adonan.. Adonan yg tengah saya beri tambahan susu kental manis.
    *adonan pertama dan kedua saya kukus selama 10 menit-10 menit secara bergantian(ketika adonan pertama matang, saya keluarkan loyang dari tempat kukusan kmudian saya tuang adonan baru kemudian saya masukkan kmbali k dlm kukusan, begitu seterusnya). Dan adonan terakhir saya kukus selama 20 menit.
    *setelah semua proses selesai saya angkat brownis saya,


    Namun hasilnya selalu bergelombang... Bahkan kadang bergelembung besar...

    Mungkin ada yang salah dari cara yang selalu saya pakai selama ini... :( :( Mohon penjelasnnya mba..

    BalasHapus
  2. Bronis saya bawahnya lembek kenapa ya

    BalasHapus
  3. Bronis saya bawahnya lembek kenapa ya

    BalasHapus
  4. 1. Telur,ovalet, gula, pelembut mix sampai mengembang (aku biasa 20 menitan) mix dg kec tinggi
    2. Tambah tepung+bubuk coklat yg sdh diayak biar nggak ada gumpalan (mix kecepatan rendah)
    3. Tambah coklat yg sdh dicairkan (Coklat+minyak+skm dicampur jadi satu) baru dimasuk.e adonan (mix lg kec rendah)
    4. Kalau udah rata tuang ke loyang. 5. 5. Kukus 45 menit.

    Dan brownis saya sering bergelombang bahkan kadang bisa mengembang bgt spt bolu kukus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Proses pengocokan telur, gula, tbm ukthie terlalu lama,yg bnr hnya 5-7 menit speed tinggi.
      2,proses pengukusanpun terbilang sangat lama 45 menit, yg bnr hnya 30 menit jika adonan terbagi 3 bagian. Tetapi klo hanya 1 bagian saja... Mengukusnya hanya butuh waktu 25 menit api sedang ya.
      Note: pengocokan & pengukusan yg terlalu lama akan membuat brownis pecah seperti bolu kukus & saat kue dingin akan mengempis. Sekian yg sy tau ukhtie

      Hapus
  5. Kenapa brownis kukus yg saya buat atasnya kering tp bawah nya lembek/basah ??

    BalasHapus
  6. Setiap bikin bronis kukus kenapa bawahnya basah/lembek..
    Tong kasih jawaban 😩

    BalasHapus
  7. Sama brownis saya juga gitu😢

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus