Jumat, 27 Agustus 2010

(Tips) Loyang Kue Kering

Berhubung lagi semangat2 nya buat kue kering untuk lebaran ( maklum baru kali ini buat sendiri karena tahun2 sebelumnya selalu malas alias tinggal pesan saja :-p ) dan Alhamdulillah selalu berhasil. Namun sempat ada pertanyaan dihati yaitu " Apakah loyang untuk kue kering harus dioles margarin atau tidak ? " nah kalau sudah begini langsung deh lempar ke milis2 yang saya ikuti.

Dan penjelasannya :

Kebanyakan komposisi kue kering itu banyak mempergunakan butter/margarine sehingga banyak pembuat kue kering yang tidak mengoles loyang terlebih dahulu karena kue kering cenderung mudah lepas.
Terutama untuk kue kering yang banyak mengandung mentega/margarin, keju dan lemak lainnya, coba perhatikan pada saat memanggang kastangel, pada saat kue kering 3/4 matang kue tersebut berbuih mengeluarkan minyak atau lemak, nah kue jenis seperti itu paling mudah lepas dari loyang.

Ada juga beberapa kue kering yang agak susah lepas dari loyang, nah jenis ini sebaiknya mengoles tipis margarine agar mudah melepaskan kuker tersebut dari loyangnya (contoh : kuker sagu).

Untuk adonan kuker yang gelap/coklat pekat sebaiknya tidak memoles margarine karena akan mempercepat proses perubahan warna dibagian bawah kuker.

Penggunaan margarine sebaiknya tidak terlalu banyak karena akan membuat bagian bawah kuker menjadi berwarna coklat.

Untuk pembuatan lidah kucing biasanya menggunakan kertas dibagian bawahnya agar adonan tidak mudah gosong.

Penjelasan nya sangat berguna sekali untuk saya yang masih pemula ini. Jadi nambah ilmu lagi deh dalam hal per baking an.

Oh iya kertas yang dimaksud untuk kuker lidah kucing bisa pakai parchment paper atau sering dibilang kertas bakar. Beli di TBK (Toko Bahan Kue) ada kog.

Semoga berguna ya ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar